Mobil Hemat Energi Unsyiah Terbaik Keempat Nasional

Diterbitkan pada 25 Januari 2016

Mobil hemat energi hasil karya para mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) berhasil menjadi yang terbaik keempat dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2015, yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang-Jawa Timur pada 21-25 Oktober 2015 lalu. Ajang yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya Malang ini merupakan ajang resmi periodik yang didukung langsung oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sebanyak 133 peserta yang berasal dari 58 kampus di seluruh Indonesia mendaftarkan diri pada kompetisi ini. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi yang cukup ketat, maka terpilihlah 62 Tim peserta dari 30 universitas ternama di Indonesia, termasuk Malem Diwa, yang diundang untuk berkompetisi langsung di Malang.

Sumber: http://unsyiah.ac.id/berita/mobil-hemat-energi-unsyiah-terbaik-keempat-nasional

 

Pendaftaran Ulang Mahasiswa dan Perwalian Semester Genap 2015/2016

Diterbitkan pada 13 Januari 2016

Berikut beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan:

  • - Pendaftaran Ulang dan Pembayaran Biaya Pendidikan dilaksanakan mulai tanggal 11-21 Januari 2016
  • - Pengumuman Nilai dan Masa Sanggah dilaksanakan mulai tanggal 14 s.d 15 Januari 2016.
  • - Batas Akhir Penyerahan DPNA ke Fakultas dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2016.
  • - Pengisian KRS Online dan Konsultasi dengan Dosen Wali dilaksanakan mulai tanggal 22-29 Januari 2016
 

Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional - LPDP

Diterbitkan pada 05 Desember 2015

PENGHARGAAN PUBLIKASI ILMIAH INTERNASIONAL

Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional merupakan salah satu bentuk penganugerahan kepada periset atau kelompok periset yang telah berhasil mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal internasional yang terindeks lembaga profesional. Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional ditujukan untuk artikel ilmiah yang bertema strategis terkait dengan pengembangan khazanah ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

PERSYARATAN

Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional akan diberikan kepada individu/kelompok periset yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a.

Artikel ilmiah telah diterbitkan di jurnal internasional terindeks Scopus atau Thomson Reuters (berstatus published) dalam periode waktu 5 (lima) tahun terakhir;

b.

Artikel ilmiah yang diusulkan ditulis dalam bahasa PBB (Inggris, Perancis, Spanyol, Cina, atau Arab);

c.

Artikel ilmiah yang diusulkan dapat merupakan bagian dari tesis atau disertasi;

d.

Artikel ilmiah yang diusulkan memuat nama institusi Indonesia (baik sebagai alamat/asal/almamater pengusul ataupun institusi pendukung/obyek riset);

e.

Artikel ilmiah yang telah mendapatkan Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional dari LPDP tidak dapat diusulkan kembali;

f.

Pengusul merupakan penulis utama (bagi kelompok periset);

g.

Pengusul diperbolehkan mengajukan lebih dari satu artikel ilmiah pada masa seleksi yang sama; dan

h.

Pengusul diperbolehkan menerima lebih dari satu penghargaan pada masa seleksi yang sama (apabila memenuhi persyaratan dan kriteria penilaian).

KRITERIA

Kriteria penilaian Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional diatur berdasarkan nilai Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional sebagai berikut:

a.

Nilai Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional Setinggi-tingginya Sebesar Rp50.000.000,- (lima puluh juta rupiah)

 

(1)

Peringkat/mutu jurnal yang menerbitkan artikel ilmiah (terindeks Scopus atau Thomson Reuters) dan terdaftar dalam lembaga pemeringkat jurnal dunia (SCIMAGO);

 

(2)

Impact Factor jurnal minimal 0,1 (nol koma satu);

 

(3)

Jumlah sitasi artikel ilmiah sekurang-kurangnya 1 (satu) sampai dengan 3 (tiga) (berdasarkan Scopus atau Thomson Reuters);

 

(4)

Bebas plagiarisme yang dituangkan dalam surat pernyataan;

 

(5)

Substansi artikel ilmiah mencerminkan adanya kontribusi terhadap pengembangan khazanah ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya, serta dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Indonesia.

b.

Nilai Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional Setinggi-tingginya Sebesar Rp100.000.000,- (seratus juta rupiah)

 

(1)

Peringkat/mutu jurnal yang menerbitkan artikel ilmiah (terindeks Scopus atau Thomson Reuters) dan terdaftar dalam lembaga pemeringkat jurnal dunia (SCIMAGO);

 

(2)

Impact Factor jurnal minimal 5 (lima);

 

(3)

Jumlah sitasi artikel ilmiah lebih besar 3 (tiga) (berdasarkan Scopus atau Thomson Reuters);

 

(4)

Bebas plagiarisme yang dituangkan dalam surat pernyataan;

 

(5)

Substansi artikel ilmiah mencerminkan adanya kontribusi terhadap pengembangan khazanah ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya, serta dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Indonesia.

WAKTU

Pengaturan mengenai batas waktu seleksi ditetapkan dua kali per tahun, dengan periode pendaftaran dan penilaian serta tanggal pengumuman penerima/pemenang Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional sebagai berikut :

Periode Pendaftaran

Periode Penilaian

Pengumuman Penerima / Pemenang

1 Februari s.d. 30 Maret

10 Mei s.d. 19 Mei

20 Mei

1 Juni s.d. 30 Juli

31 Juli s.d. 16 Agustus

17 Agustus

 

Konten berikut di update pada tanggal: 3 Desember 2015

 

Dikutip dari laman:

http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/pendanaan-riset/penghargaan-publikasi-ilmiah-internasional/

 

Tim Visitasi Teknik Kimia, 1 Juni 2015

Diterbitkan pada 02 Juni 2015

Program Studi Teknik Kimia yang telah mengirimkan borang akreditasi pada bulan April yang lalu, pada tanggal 1 Juni 2015 telah dikunjungi oleh tim akreditasi BAN PT yaitu Dr. Sanggono Adisasmito dan Dr. Siswo Sumardiono. Sesi pagi, tim berkunjung ke Fakultas dan setelah lebih kurang 1 jam, kemudian tim melakukan kunjungan ke Jurusan Teknik Kimia. Menjelang maghrib, proses visitasi selesai yang ditandai dengan berita serah terima hasil visitasi yang diterima oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Mirza Irwansyah, MBA, MLA dan Ketua Jurusan Teknik Kimia, Dr. Ir. Izarul Machdar, M. Eng.