Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil

Diterbitkan pada 09 Februari 2018

Dekan Fakultas Teknik Unsyiah, Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng, mengambil sumpah PNS di lingkungan Fakultas Teknik Unsyiah (09-02-2018). PNS yang diambil sumpahnya Dr. Yunita Idris, S.T. M.Eng Structure dosen dari Jurusan Teknik Sipil serta diikuti oleh seorang tenaga kependidikan dari Fakultas Pertanian Unsyiah Bapak Azwar.

Dr. Taufiq Saidi, mengharapkan dengan pengambilan sumpah PNS ini dapat meningkatkan kinerja dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta dapat meningkatkan pelayanan terhadap mahasiswa. Dr. Taufiq Saidi, menambahkan bahwa semua tugas-tugas yang dilaksanakan harus selalu teringat akan sumpah yang telah di ucapkan.

Pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil di hadiri para wakil dekan, ketua jurusan, koordinator Prodi dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Teknik Unsyiah.

 

Fakultas Teknik Unsyiah Meluluskan 246 Wisudawan

Diterbitkan pada 09 Februari 2018

Bertempat di lapangan upacara Fakultas Teknik Unsyiah, Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng selaku Dekan Fakultas Teknik Unsyiah meluluskan 246 wisudawan untuk periode Nopember 2017 sampai dengan Januari 2018 dari program Magister sejumlah 43 orang, Strata 1 sejumlah 148 orang dan Diploma III sejumlah 55 orang pada Selasa 6 Februari 2018 di acara wisuda lokal Fakultas Teknik Unsyiah.

Dr. Taufiq Saidi dalam sambutannnya menyampaikan terima kasih pada orang tua yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk dididik di Fakultas Teknik Unsyiah, selanjutnya beliau menyampaikan agar para alumni terus meningkatkan  kemampuan diri khususnya penguasaan di bidang  ICT dalam menghadapi persaingan di abad 21 ini, yaitu penguasaan dasar-dasar komputer, media sosial dan online forum juga kemampuan berbahasa asing. Beliau juga mengharapkan dalam berkomunikasi di dunia maya agar memperhatikan etika, karena kita telah berhadapan dengan globalisasi yang telah membuat dunia seakan-akan tanpa batas serta membuat dunia semakin terhubung satu dengan yang lainnya. “Kemampuan riset internet dan kemampuan mesin pencari (search engine) menjadi faktor penting untuk bersaing di lingkungan global”, Dr. Taufiq Saidi menambahkan dalam sambutannya. Diakhir penyampaian Dr. Taufiq Saidi mengingatkan kepada semua para wisudawan agar selalu ikut berkontribusi dalam pembangunan di daerah atau nasional, serta selalu ingat akan jasa-jasa orang yang telah ikut membantu dalam proses penyelesaian pendidikan.

Wisuda lokal Fakultas Teknik Unsyiah, diikuti oleh para Anggota Senat, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Koordinator Program Studi, Dosen, Dharma Wanita Fakultas Teknik,  Orang tua/wali, wisudawan/ wisudawati dan tenaga kependidikan.

 

Dekan Fakultas Teknik Unsyiah Menyerahkan SK Koordinator Prodi

Diterbitkan pada 31 Januari 2018

Bertempat di Balee Gadeng Fakultas Teknik Unsyiah, Dekan Fakultas Teknik Unsyiah, Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng menyerahkan SK Koordinator Prodi di Lingkungan Fakultas Teknik Unsyiah (Senin, 29-01-2018). Dr. Taufiq Saidi, dalam amanatnya menyampaikan bahwa fungsi Koordinator Program Studi yang sudah ada ini dapat mempercepat pelayanan untuk dosen dan mahasiswa khususnya di bidang akademik, serta Koordinator Program Studi dapat bersinergi dengan Ketua Jurusan dalam pengembangan program studi, terutama program studi yang akan melaksanakan akreditasi.

Koordinator Prodi yang baru yaitu, Dr. Ing. Teuku Edisah Putra, S.T. M.Sc., Ph.D (Koordinator Program Studi Magister Teknik Mesin), Fachrurrazi, S.T., M.T (Koordinator Program Studi S1 Teknik Sipil), Dr. Muhammad Rizal, S.T., M.Sc (Koordinator Program Studi S1 Teknik Mesin), Dr. Ir. Yanna Syamsuddin, M.Sc (Koordinator Program Studi S1 Teknik Kimia), Muhammad Haiqal, S.T., M.Sc (Koordinator Program Studi S1 Arsitektur), dan Zulhelmi, S.T., M.Sc (Koordinator Program Studi S1 Teknik Elektro). 

 

Perpanjangan SPP Mahaiswa Semester Genap 2017/2018

Diterbitkan pada 29 Januari 2018

 

Dengan Hormat, kami sampaikan jadwal perpanjangan pembayaran dana pendidikan mahasiswa Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 Universitas Syiah Kuala Pada tanggal 29 Januari 2018 s.d 2 Februari 2018.

berikut Lampirannya

 

Pelantikan DPM, Ketua BEM, UKM Dan Himpunan Mahasiswa Di Lingkungan FT Unsyiah

Diterbitkan pada 29 Januari 2018

Dekan Fakultas Teknik Unsyiah, Dr. Ir. Taufiq Saidi, M. Eng, melantik pengurus Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa di Lingkungan Fakultas Teknik Unsyiah, bertempat di Balee Keurukon Fakultas Teknik Unsyiah pada Jumat 26 Januari 2018.

Dr. Taufiq Saidi, dalam amanahnya menyampaikan agar amanah yang dipercayakan pada semua pengurus baru dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Semua kegiatan atau aktivitas yang dilaksanakan tercermin sebagai kegiatan yang mendukung kegiatan akademik serta dapat mendukung dalam pencapaian akreditasi Program Studi di Lingkungan Fakultas Teknik Unsyiah. Setelah pelantikan, pengurus Ormawa akan menyusun program kerja sesuai dengan indikator kinerja bidang kemahasiswaan. Kegiatan yang sudah menjadi unggulan di prodi maupun fakultas harus tetap dijalankan dan ditingkatkan lagi. Pengurus Ormawa tetap harus bersinergi dan berkoordinasi dengan Ketua Prodi, Ketua Jurusan, Wakil Bidang Kemahasiswaan dan Dekan. Beliau juga mengharapkan agar dalam berorganisasi dapat mencerminkan budaya yang santun baik dalam berkomunikasi dan dalam penyampaian ide-ide.

Dr. Taufiq Saidi, menyampaikan terima kasih pada pengurus yang lama yang telah membanggakan Fakultas Teknik baik kegiatan kemahasiswaan di tingkat universitas atau nasional.

Ketua DPM periode Tahun 2018, Emir Habibi Rizwanda dari Jurusan Teknik Sipil dan Ketua BEM, M. Ilham Rasyad dari Program Studi Teknik Pertambangan.

Pelantikan DPM, Ketua BEM, UKM, dan Himpunan Mahasiswa turut dihadiri Wakil Dekan, Ketua Jurusan/Prodi, KTU, para kasubbag di lingkungan Fakultas Teknik. 

 

 

Wakil Dekan III Pimpin Apel Pagi Senin

Diterbitkan pada 24 Januari 2018

  

 

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Unsyiah, Lulusi, ST, M.Sc menjadi Pembina apel pagi Senin 22 Januari 2018, bertepatan sebulan setelah beliau dilantik. Lulusi merupakan wakil dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni pertama di lingkungan Fakultas Teknik sejak berdirinya tahun 1963.

Lulusi menyampaikan beberapa hal tentang rencana kegiatan kemahasiswaan pada tahun 2018, diantaranya Pelantikan Ormawa (BEM, DPM, Himpunan-himpunan Mahasiswa dan UKM) di lingkungan Fakultas Teknik, kegiatan penyeleksian Mahasiswa Berprestasi yang merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama bidang Kemahasiswaan juga meningkatkan kewirausahaan mahasiswa. Selain itu, kegiatan unggulan tahunan tetap dilaksanakan seperti Lomba Berhitung Fakultas Teknik oleh Himpunan Mahasiswa Teknik  Sipil, pertandingan Bola Kaki Piston Cup oleh Himpunan Mahasiswa Teknik  Mesin, Warna Warni Peduli (WWP) oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur dan Kegiatan Industrial Science Art and Talent (i-SAT) oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri. Lulusi juga mengharapkan PKM tahun 2018 semakin meningkat baik di tingkat Universitas maupun Nasional sehingga akan dapat meningkatkan prestasi  Fakultas Teknik Unsyiah  di bidang Kemahasiswaan.

Di akhir penyampaiannya, Lulusi mengatakan akan meningkatkan pembinaan karakter mahasiswa baik dari moralitas, spritualitas, rasa percaya diri, kompetensi, peduli sosial dan lingkungan. Apel pagi Senin diikuti oleh para guru besar, dekan, wakil dekan, Ketua Jurusan/Prodi, KTU dan para kasubbag,  dosen serta tenaga  kependidikan.

 

 

Arsitek Ren-Riri Memberikan Kuliah Umum

Diterbitkan pada 22 Desember 2017

\

Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik Unsyiah mengadakan kuliah umum dengan tema “Architect Journey” yang bertempat di Balee Keurokon (18-12-2017). Kuliah umum ini memaparkan perjalanan berarsitektur dari Ren Katili, ST., M.Eng., IAI (principle Studio Arsitektropis) dan Novriansyah Yakub., ST., IAI (principle Atelier Riri). Para hadirin sangat antusias berdiskusi tentang beberapa pengalaman mulai dari proses desain kreatif hingga bernegoisasi dengan klien dari duo arsitek yang bergabung dalam Architect’s Life: Ren+Riri. Ren dan Riri menjelaskan karya- karya kreatif dan inovatif mereka yang berkonsentrasi pada pengembangan desain tropis dan konservasi energi. Konsistensi dalam berpraktik arsitektur menjadi salah satu kunci bagi Ren+Riri menghasilkan karya-karya terbaik. Kuliah tamu dibuka oleh ketua jurusan Arsitektur dan Perencanaan, Dr. Ir. Izziah, M.Sc ini dihadiri oleh dosen, praktisi arsitek dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Aceh serta mahasiswa arsitektur dari Unsyiah, Unmuha, UIN Ar-Raniry, dan Alumni.

Ren dan Riri melanjutkan kuliah umum dengan menjadi external reviewer pada final project exhibition matakuliah Perancangan Dasar prodi Arsitektur Fakultas Teknik Unsyiah yang bertajuk in.stal.la.tion : an exhibition you have to see before you die. Dalam external review, tiga dari dua puluh karya instalasi mahasiswa prodi Arsitektur Unsyiah angkatan 2017 yang dipamerkan terpilih sebagai karya terbaik. Ketiga karya tersebut adalah Flying Waves, Freedom Fields, dan Illusion Square.

 

Halaman 1 dari 6